You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sudin KPKP dan Kader PKK Panen Kacang Tanah dan Terong di Pekayon
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Jaktim Panen Kacang Tanah dan Terong di Pekayon

Jajaran Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) bersama kader TP PKK Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Jumat (13/1), panen Kacang Tanah dan Terong di lahan pertanian warga Jl Lapan VII RT 11/01.

Hasil panen hari ini ada 22 kilogram Terong dan 30 kilogram Kacang Tanah,

Panen dipimpin Kasudin KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin didampingi Camat Pasar Rebo Mujiono, Lurah Pekayon Mesra Rianita, Ketua TP PKK Kecamatan Pasar Rebo Maria Dewi Mujiono, Kasatpol PP Kecamatan Pasar Rebo Mohammad Syarif dan unsur masyarakat.

Ali Nurdin mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan warga RT 11/01 Pekayon yang tergabung Kelompok Tani Janji Rukun dalam memanfaatkan lahan kosong untuk kegiatan pertanian seperti ini. Hasil panen hari ini, langsung dibagikan ke warga sekitar dan sebagian ada yang direbus langsung dan dimakan bersama.

Fasos Fasum di Jakbar Disulap Jadi Urban Farming

"Panen Kacang Tanah hari ini hasilnya luar biasa. Saya sangat apresiasi pada Kelompok Tani Janji Rukun dan  kader PKK di sini. Karena hasilnya tidak kalah dengan pertanian di luar Jakarta. Dalam satu pohon isinya banyak dan berisi," kata Ali.

Dia berharap, pemanfaatan lahan tidur untuk urban farming seperti ini dapat dikembangkan pula di wilayah lain. Karena, selain bisa membuat hijau lingkungan juga dapat  meningkatkan kesejahteraan warga.

Apresiasi serupa diucapkan Camat Pasar Rebo, Mujiono. Menurutnya, program urban farming seperti ii juga dapat dijadikan eduwisata bagi anak-anak usia sekolah, serta jadi wadah interaksi warga.

"Ada nuansa yang sulit diukur dengan kepuasan batin. Setiap hari warga bisa saling berinteraksi di lahan pertanian sambil bercocok tanam," ucap Mujiono.

Sementara, Ketua RW 01 Pekayon, Sodri menjelaskan, lahan seluas kurang lebih 500 meter yang tidak diurus pemiliknya ini dimanfaatkan warga untuk pertanian sejak pandemi COVID 19, 2020 lalu dan terus berlanjut hingga sekarang

"Hasil panen hari ini ada 22 kilogram Terong dan 30 kilogram Kacang Tanah," ujar Sodri.

Menurutnya, di lahan tersebut sudah banyak menghasilkan berbagai jenis sayur mayur. Karena setiap usai panen, ditanami kembali dengan jenis tanaman yang berbeda agar tidak jenuh. Di antaranya Kacang Panjang, Terong, Tomat, Jagung, Sawi  dan lainnya. Di lahan ini juga ada kolam gizi yang berisikan ikan Lele.

Setiap hari lahan digarap  warga dibantu kader PKK, Dasawisma dan Jumantik. Warga sangat senang karena di lahan ini disiapkan saung, kompor, dispenser hingga televisi ukuran 21 inchi.

"Saung ini juga selalu ramai jadi ajang kongkow warga sambil bercocok tanam," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3755 personTiyo Surya Sakti
  2. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3549 personNurito
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2898 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2817 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2757 personFolmer